Rabu, Juli 02, 2008

Keunggulan Linux

Selain merupakan sistem operasi yang bisa didapatkan setiap orang secara gratis, Linux juga mempunyai banyak keunggulan, antara lain

  • Open Source; linux merupakan salah satu sistem yang open source, sehingga pengguna bisa mengubahnya sesuai dengan keperluan tanpa terkena sanksi property right dibawah lisensi GNU.
  • Freeware; Linux merupakan ssistem yang freeware ,yang memungkinkan seseorang untuk memakai danmenyebarkan tanpa dituntut royalty oleh penciptanya.
  • Minimal Hardware; Minimal hardware yang dibutuhkan adalah Prosesor Intel 386 DX, dengan RAM minimal 8 MB,serta hardisk dengan kapasitas 85 MB. Linux juga bisa dijalankan dengan 1 atau 2 disket, misalnya pada komputer harddiskless (tanpa hardisk) dan router.
  • Non-Fragmentasi; Memudahkan bagi penggunanya untuk membuat, mengedit, dan menghapus file tanpa kuatir akan terjadi fragmentasi. Karena Linux menggunakan sistem file ext2fs(second extended file sistem) yang mempunyai keunggulan redusi fragmentasi secara otomatis sehingga akses dari dan ke hardisk tetap terjaga.
  • Kebal Virus; Linux sangat kebal terhadap virus DOS/windows. Selain itu juga didukung dengan adanya file permissions, yang dapat mencegah perubahan dan penghapusan file tanpa seijin pemiliknya. belum ada virus yang benar-benar bisa melumpuhkan sistem operasi. Dikarenakan Linux adalah sistem operasi terbuka sehingga Linux adalah milik setiap orang
  • Multitasking; Memungkinkan anda mengakses data pada konsol yang berbeda-beda tanpa takut terjadi stack atau hang pada OS. Anda bahkan bisa mengcopy,mengedit, menghapus file secara bersamaan pada saat data tersebutdi eksekusi/ di-loading.
  • Virtual memory; Pemanfaatan memori secara maksimal membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program-program yang lebih dari seharusnya.
  • Login User; Linux memiliki login user atau operator yang tidak terbatas jumlahnya sehingga memungkinkan pamakaian hingga 254 klien secara bersamaan, dan dilengkapi dengan password.
  • Partition Mounting; Pada linux tidak menggunakan simbol huruf dalam partisi. Linux biasanya menggunakan alamat perangkatkeras sebagai file, sehingga lebih flexibel

Artikel Hacker : http://lovina-beach.blogspot.com

Tidak ada komentar:

F